Wednesday, February 20, 2013

HTML (Hypertext Markup Language)

Selamat pagi sobat blogger, mengawali postingan kali ini aku ingin share artikel tentang HTML.

Hypertext Markup Language (HTML)adalah dokumen HTML merupakan sebuah file teks. Karena hanya berisi teks, maka dokumen HTML menjadi sangat sederhana, sehingga mudah untuk ditransfer ke sebuah jarungan internet. Namun karena sederhana, HTML memiliki kelemahan, salah satunya adalah Anda harus mengetikkan sendiri semua kode HTML jika ingin membuat sebuah halaman web. Memang sekarang telah banyak beredar HTML editor yang dapat membantu Anda dalam membuat sebuah halaman web tanpa menyentuh
kode HTML sama sekali, namun dalam pengembangan halaman web dengan menggunakan bahasa script seperti VBScript dan Java Script, pengetahuan mengenai HTML harus mutlak diperlukan, karena Anda harus tahu dengan pasti di mana harus menyisipkan script yang diinginkan dalam HTML. Untuk menuliskan HTML VBScript dan JavaScript dapat menggunakan teks editor sederhana, seperti Notepad atau EditPad.

Sebuah dokumen HTML berisi elemen-elemen kode HTML yang disebut HTML Tag. Penulisannya diapit oleh apa yang disebut delimiter (pembatas). Delimiter adalah suatu karakter atau kumpulan karakter yang mengawali dan mengakhiri suatu tag. Untuk HTML delimiter yang dipakai adalah dengan karakter < dan > . Sebuah kode program HTML selalu diawali dan diakhiri dengan sebuah tag. Tag pada awal kode disebut opening tag, dan pada akhir kode disebut ending tag. Ending Tag ditandai dengan karakter/ diikuti dengan opening Tag. Contoh tag :

<html>
-----Kode program.
</html>

Sebuah dokumen HTML dibagi menjadi 2 bagian yaitu body (badan) dan head (kepala). Bagian head ditandai dengan tag sedangkan bagian body ditandai dengan tag . Bagian head digunakan untuk menyimpan informasi mengenai dokumen tersebut , misalnya judul, nama penulis, komentar-komentar ,dan lain-lain. Sedangkan bagian body digunakan untuk menuliskan isi utama dari dokumen web tersebut. Contoh dari tag dokumen web sederhana :

<html>
<head><h1>
Pelatihan WEB dasar</h1>
</head>
<body>
Selamat datang ke pelatihan web dasar.
</body>
</html>

Tampilan dari web akan tampak seperti berikut :

Klik ikon di bawah untuk di share ke teman anda
Artikel terkait yang mungkin anda cari

1 Comments
Tweets
Komentar