Sunday, September 15, 2013

Sejarah Singkat HTML

Sejarah HTML dimulai pada tahun 1980. Pada tahun tersebut IBM sebagai perusahaan di bidang komputer mengembangkan sebuah bahasa pemrograman. Dimana teks dan format sebuah dokumen dijadikan satu dalam bahasa pemrograman. Akan tetapi namanya masih bukan HTML melainkan GML yaitu singkatan dari Generalized Markup Lengauage yang nama tersebut pemberian dari pihak IBM itu sendiri. Enam taun keudian tepatnya pada tahun 1986 ISO mengeluarkan sebuah standarisasi tentang bahasa pemrograman tersebut dan membuat sebuah nama baru untuk bahasa pemrograman tersebut yaitu Standart Generalized Markup Lengauage (SGML). Nama HTML sendiri muncul pada tahun 1989 yang muncul dari pemikiran Caillau Tim yang bekerja sama dengan Banners Lee Robert yang ketika itu masih bekerja di CERN yang mengembangkan bahasa pemrograman ini. HTML sendiri dipopulerkan pertama kali oleh sebuah browser yang bernama MOSAIC. HTML mulai terkenal pada tahun 1990 dan terus berkembang sampai saat ini yang tela mencapai versi HTML 5.0 yang dikerjakan oleh llembaga resmi HTML World Wide Web Consortium (w3c)  pada 4 Maret 2010 lalu yang bekerja sama dengan Internet Engineering Task Force (IETF).

HTML versi 1.0
Adalah versi pertama sejak lahirnya nama html tersebut, HTML ini memiliki sebuah kemampuan untuk heading, paragraph, hypertext, bold dan italic text, wrapping serta memiliki dukungan dalam peletakan sebuah gambar.

HTML versi 2.0
Dikembangkan pada 14 Januari 1996, pada HTML versi 2.0 ini ada beberapa tambahan kemampuan diantaranya penambahan form comment (kotak komentar), hal ini menyebabkan adanya sebuah interaktif dan mulai dari versi ini yang menjadikan sebuah pioneer dalam perkembangan homepage interaktif.

HTML versi 3.0
Dirilis pada 18 Desember 1997 yang sering disebut sebut sebagai HTML+ yang mempunyai kemampuan dalam beberapa fasilitas diantaranya adalah penambahan fitur table dalam paragraph, akan tetapi versi ini tidak bertahan lama.

HTML versi 3.2
HTML versi 3.2 dikeluarkan sebagai pengganti dan penyampurnaan versi 3.0. HTML versi ini dibuat pada Mei 1996 , keluarnya versi ini dikarenakan adanya beberapa kasus yang timbul pada pengembang browser yang telah melakukan pendekatan dengan cara lain yang justru hal tersebut menjadi popular, maka di bakukan versi 3.2 untuk mengakomodasi praktek yang banyak digunakan oleh pengembang browser dan diterima secara umum, dapat dikatakan bahwa versi 3.2 ini merupakan versi 3.0 yang dikembangkan oleh beberapa pengembang browser seperti Netscape dan Microsoft.

HTML versi 4.0
Nah yang terakhir perombakan terjadi pada tahun 1999 tepatnya tanggal 24 Desember yaitu HTML versi 4.0, seperti yang kita kenal HTML pada saat ini penambahan link, meta, imagemaps , image dan lain lain sebagai penyempurnaan versi 3.2.

HTML versi 5.0
Pada tanggal 4 Maret 2010, terdapat sebuah informasi bahwasanya HTML versi 5.0 masih dikembangkan oleh W3C (World Wide Web Consortium) dan IETF (Internet Engineering Task Force) yaitu sebuah organisasi yang menangani HTML sejak versi 2.0
HTML5 merupakan sebuah bahasa markah untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari World Wide Web, sebuah teknologi inti dari Internet. HTML5 adalah revisi kelima dari HTML dan hingga bulan Juni 2011 masih dalam pengembangan. Dimana tujuan utama pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin.
HTML5 merupakan hasil proyek dari W3C (World Wide Web Consortium dan WHATWG ( Web Hypertext Application Technology Working Group ). Dimana WHATWG bekerja dengan bentuk web dan aplikasi dan W3C merupakan pengembang dari XHTML 2.0 pada tahun 2006, kemudian mereka memutuskan untuk bekerja sama dan membentuk versi baru dari HTML.

Tujuan dibuatnya HTML5 adalah sebagai berikut :
- Fitur baru harus didasarkan pada HTML, CSS, DOM, dan JavaScript
- Mengurangi kebutuhan untuk plugin eksternal ( Seperti Flash )
- Penanagan kesalahan yang lebih baik
- Lebih markup untuk menggantikan scripting
- HTML5 merupakan perangkat mandiri
- Proses pembangunan dapat terlihat untuk umum

Fitur baru dalam HTML5 :
- Unsur kanvas untuk menggambar
- Video dan elemen audio untuk media pemutaran
- Dukungan yang lebih baik untuk penyimpanan secara offline
- Elemen konten yang lebih spesifik, seperti artikel, footer, header, nav, section
- Bentuk kontrol form seperti kalender, tanggal, waktu, email, url, search.

Beberapa browser sudah mendukung HTML5 seperti safari, chrome, firefox, dan opera. Kabarnya IE9 ( Internet Explorer ) akan mendukung beberapa fitur dari HTML5. Pembuatan HTML5 juga di karenakan Standard HTML4 yang dijumpai banyak memiliki kelemahan untuk mendukung aplikasi web yang interaktif. Akibat hal ini banyak orang menambahkan fitur baru baik disisi aplikasi web ataupun disisi browser. Solusi ini dikenal dengan plugin dan salah satunya adalah Flash dan Silverlight.

Demikianlah sejarah singkat perkembangan HTML dari versi terjadul sampai versi terbaru.

Klik ikon di bawah untuk di share ke teman anda
Artikel terkait yang mungkin anda cari

0 Comments
Tweets
Komentar

0 comments: